cara membuat visa schengen di surabaya

BAGAIMANA MEMBUAT VISA SCHENGEN


Visa Schengen adalah  visa kunjungan singkat maksimal 90 hari per 6 bulan, yang berlaku untuk 26 negara Schengen yaitu
  • Belgia  
  • Denmark
  • Jerman
  • Finlandia
  • Perancis
  • Yunani
  • Italia
  • Luxemburg
  • Austria
  • Portugal
  • Belanda
  • Norwegia
  • Spanyol
  • Swedia
  • Islandia
  • Malta
  • Estonia
  • Hongaria
  • Latvia
  • Lithuania
  • Polandia
  • Slovenia
  • Slowakia
  • Ceko
  • Swiss
  • Liechtenstein
Visa hanya dapat diajukan ke kedutaan negara tujuan utama anda bepergian. Jika tujuan utama perjalanan tidak dapat ditetapkan, maka permohonan dapat diajukan pada kedutaan negara Schengen dimana pertama kali masuk.    

Beberapa bulan kedepan saya berencana mengadakan trip ke EROPA. Untuk mewujudkan impian teratas dalam list tempat – tempat yang saya ingin kunjungi. Saya berdomisili di SURABAYA sehingga saya memutuskan untuk membuat visa Schengen melalui  perwakilan belanda di Surabaya yang terletak di Jl. Imam Bonjol no 36 Surabaya dengan nomer telp 031-5662409. Beberapa hari sebelumnya saya membuat janji melalui telepon terlebih dahulu dan mendapatkan jadwal tgl 27 Juli 2015 pukul 11.00 WIB.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memohon visa
 Berikut yang harus ada pada semua permohonan visa :
1. Paspor
Paspor harus berlaku minimal 3 bulan dari saat keluar dari wilayah Schengen
2. Pas foto
Pasfoto harus sesuai dengan persyaratan untuk membuat paspor Belanda. Ukuran 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang putih. Pastikan putih karena teman saya kemarin foto ulang karena tidak sesuai. Saya melakukan foto tersebut di studio CAPTURE yang ada di Jl. Mayjen Sungkono depan makam pahlawan. Bilang saja foto buat visa mereka pasti sudah paham dan yang jelas itu tidak membuat saya mengulang foto seperti teman saya. Alhamdulillah……

beginilah foto untuk visa tersebut

3. Harga visa
  • EUR 60 untuk orang berusia diatas 12 tahun; dibayar dalam rupiah
  • EUR 35 untuk anak-anak berusia antara 6 sampai 12 tahun; dibayar dalam rupiah
    Waktu itu saya membayar  Rp.850.000,-
4. Formulir permohonan
Diisi lengkap dan dua kali ditandatangani (pada halaman 2 dan 3). Berikut contoh pengisian fomulir :






5. Asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan harus berlaku untuk seluruh periode perjalanan di wilayah Schengen dengan minimal nilai pertanggungan €30.000,- termasuk pengobatan – dan biaya repatriasi. Copy polis harus dilampirkan dalam permohonan, polis asli harus diperlihatkan.
Saya menggunakan asuransi sinarmas dengan biaya USD 44 atau setara Rp. 641.040,-. 
6. Bukti keuangan
  • Jika pemohon visa membiayai sendiri perjalanannya maka maka diwajibkan mempunyai minimal €34 perhari
  • Sponsor di Belanda mempunyai minimum penghasilan dan berlaku 12 bulan kedepan saat permohonan visa diajukan. Lihat link berikut untuk mendapatkan informasi aktual tentang minimum penghasilan: http://.ind.nl/leges/tabel-normbedragen-voldoende-geld.aspx
  • Bukti keuangan dapat dibuktikan dalam bentuk foto copy dari rekening bank/ buku bank 3 bulan terakhir dan/ atau slip gaji 3 bulan terakhir beserta surat keterangan bekerja atau bukti pendaftaran pada Kamar Dagang Belanda 
Disini saya menggunakan surat referensi BANK (bisa minta di BANK rekening anda) dan fotocopy buku tabungan (jangan lupa bawa yang asli) Dengan saldo €34 x jumlah hari anda di Negara Schengen (kalau bisa sich lebih) saya menggunakan 4 x lipatnya.

contoh surat referensi Bank

7. Reservasi penerbangan
Pada reservasi penerbangan harus tertera dengan jelas  tanggal pergi dan pulang, tetapi tidak harus dibayarkan terlebih dahulu. Anda disarankan tidak membayar sebelum visa disetujui.
Kalau saya sudah membooking tiket  dan membayarnya karena untuk menekan biaya karena mencari tiket promo walaupun ya siap2 hangus klo visa d tolak. Tp optimis aja di ACC hhahahaa… krn klo promo kita hemat 50%. 
Dokumen-dokumen yang harus dibawa sesuai dengan tujuan
Turisme
  1. Bukti pemesanan hotel selama berada diseluruh wilayah Schengen
  2. Surat keterangan kerja atau bukti pemilikan usaha (S.I.U.P.)


Karena saya pegawai jadi saya melampirkan ini. ini yang sebenarnya paling memperkuat karena disurat ini perusahaan menjamin saya akan kembali ke INDONESIA, tidak menjadi imigran gelap di negara mereka.

untuk pekerjaan waktu wawancara saya diberi pertanyaan antara lain : "sejak kapan kerja", "apa memang benar diperbolehkan cuti panjang", dll
contoh surat keterangan kerja


Karena saya memang murni berwisata maka saya menunjukkan itinerary selama di sana dan juga booking hotel (untuk ini saya hanya booking belum melakukan pembayaran)

Untuk ini juga anda harus memperhatikan urutan tanggal di itinerary dan booking hotel harus sesuai. Karena saya kelewatan mengeprint 1 booking hotel dan itu ditanyakan pada tanggal ini sampe tanggal ini dimana. Untung teman saya membawa booking hotel tersebut sehingga bisa saya tunjukan.

pelajari itinerary yang anda buat termasuk booking hotel karena selama wawancara saya dikejar kejar pertanyaan seputar ini seperti : "kemana saja selama di sana", "transpotasi yang digunakan", "dari tanggal sekian ke tanggal sekian tidak ada booking hotel jadi menginap dimana", dll.

Mengunjungi keluarga atau teman:
  1. Bila sponsor anda tinggal di Belanda; maka harus dilengkapi dengan undangan yang dilegalisasi oleh kotamadya dimana sponsor anda tinggal. Undangan bisa didapat di kotamadya dimana sponsor anda tinggal;
  2. Bila sponsor anda tinggal di Belgia; maka harus dilengkapi dengan undangan yang dilegalisasi oleh kotamadya dimana sponsor anda tinggal (yang juga dikenal sebagai lampiran 3bis). Undangan bisa didapat di kotamadya dimana sponsor anda tinggal;
  3. Bila sponsor anda tinggal di Luxemburg; maka harus dilengkapi dengan undangan yang dilegalisasi oleh kotamadya dimana sponsor anda tinggal dan ditandatangani oleh kantor visa Luxemburg. Undangan bisa didapat di kotamadya dimana sponsor anda tinggal;
  4. Surat undangan pribadi dari sponsor anda yang menerangkan latar belakang hubungan anda dengan sponsor dan informasi mengenai siapa yang bertanggung jawab atas biaya perjalanan dan biaya selama anda berada disana.
  5. Bukti keuangan anda dan/ atau sponsor anda; dari orang yang membiayai biaya perjalanan dan biaya selama anda berada disana (copy bank rekening/ buku bank 3 bulan terakhir dan/ atau slip gaji 3 bulan terakhir) 
  6. Copy paspor dan izin tinggal dari sponsor anda dan suami/  istrinya dan/ atau keluarga yang akan dikunjungi
  7. Surat keterangan kerja atau bukti pemilikan usaha (S.I.U.P.)
  8. Bukti pemesanan hotel (bila diperlukan)
  9. Dokumen-dokumen yang dapat membuktikan hubungan keluarga
Bisnis:
  1. Undangan dari sponsor anda (mengenai latar belakang hubungann bisnis, maksud kunjungan dan keterangan mengenai siapa yang membiayai biaya perjalanan dan biaya selama anda berada disana)
  2. Surat keterangan kerja atau bukti pemilikan usaha (S.I.U.P.)
PERHATIAN! Bila pemohon adalah anak dibawah umur
  • akte kelahiran asli + copy
  • akte perkawinan/ buku nikah dari orang tua, asli + copy
  • izin dari orang tua yang tidak ikut bepergian, dilegalisasi oleh kantor catatan sipil atau notaris
  • copy paspor dari orang tua yang tidak ikut bepergian
  • jika salah seorang atau kedua orang tua meninggal dunia: akte kematian asli + copy
  • jika hak perwalian anak ada pada salah satu orang tua: keputusan hak perwalian anak dari pengadilan asli + copy
Catatan: dokumen-dokumen asli diatas dapat saja diminta pada saat masuk wilayah Schengen.
Jika suami/ istri yang ikut bepergian adalah warganegara Belanda yang tinggal tetap di Indonesia:
  1. Copy paspor
  2. Copy KITAS
  3. tidak diperlukan sponsor di Belanda. Tetapi harus dijelaskan alamat tempat menginap di Belanda dan hubungan dengan orang-orang yang tinggal di alamat tersebut.
Dapat saja kedutaan meminta dokumen-dokumen tambahan atau wawancara tambahan. Anda akan diinformasikan secara lisan atau tertulis.
8. KTP dan Kartu keluarga

Dan tatatatata……..
Alhamdulillah jadi juga visa saya


 Note :

  •            datang 1 jam sblm jam janjian karena takutnya ada kekurangan berkas. Sebelum wawancara berkas anda diperiksa terlebih dahulu. Karena foto teman saya tidak sesuai sehingga kami mencari tempat foto untuk foto ulang. Saat itu kami melakukan foto ulang di Jl. Kutai yang lumayan jauh dari perwakilan belanda
  •            Anda dapat mengajukan permohonan visa maksimal 3 bulan dan idealnya 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan
  •       Sediakan 1 file asli dan 1 file xtra / copy an.
  •            Pelajari itinerary anda dan tiket booking hotel anda. Karena anda akan ditanya seputar itu.
  •            Jawablah pertanyaan secara singkat sesuai pertanyaan.





Komentar

  1. Halo bu... Karna ibu sudah berpengalaman dalam membuat visa schengen. Sy mau tanya bu. Sy masih kuliah ini ada undangan dr saudara saya yg saya tanyakan:
    1. Apa saja surat -surat yg saya perlukan? Apakah surat itu bisa di translite sendiri atau harus dr jasa translator.
    2. Apakah no. Yg bisa di hub. Saat membuat janji dari kedutaan belanda apa vfs global surabaya ya bu
    Mohon infonya terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer